Rabu, 15 Oktober 2014

Mode Bokeh dan Mode Levitasi

Mode Bokeh


Teknik foto blur semakin banyak variatfnya, salah satunya yang dikenal adalah teknik Bokeh. Kata bokeh, berasal dari kata Jepang "Boke" (diucapkan "bo-KEH"), secara harfiah diterjemahkan menjadi 'ketidakjelasan'.

Foto bokeh mengacu pada teknik untuk mengaburkan (blur) gambar agar menambah kualitas estetika sebuah foto. Jadi secara teori bisa diartikan foto yang mempunyai karakteristik objek tajam (fokus) dengan latar belakang yang sangat kabur atau selective focusing, seperti dikutip dari fotografer.net.

Bokeh bisa dicapai dengan menggunakan setting kamera dengan bukaan (f) yang lebar. Sekarang banyak dipasaran jenis lensa yang mempunyai rentang bukaan yang lebar sehingga kedalaman ruang (DOF) akan sangat terasa dengan menghasilkan foto yang blur pada bagian belakang dan tajam pada objek utama.
Foto bokeh juga dapat membuat foto menjadi lebih dramatis dan artistik.

Mode Levitasi

Levitasi merupakan suatu trik fotografi dimana hasil gambar yang didapatkan bagaikan objek yang melayang tanpa menggunakan alat bantu. Beberapa cara yang digunakan untuk mendapatkan teknik Levitasi diantaranya yaitu dengan mengggunakan teknik pengambilan gambar dan foto editor.
Berikut adalah cara atau tips dalam teknik Levitasi yang munkin berguna :

Continuous Shooting, sekali tekan tombol langsung mendapatkan beberapa gambar
Shutter Speed tinggi, lebih baik diatas 1/500. Perlu diperhatikan pencahayaan yang cukup sangat penting dalam pengambilan gambar ini
Low Angel, agar object orangnya terlihat lebih tinggi
Pastikan cahaya cukup
Adanya tampilan bayangan object akan membuat foto menjadi nyata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar